Kamis, 09 September 2010

Amanah Ramadhan 2010 ( 1431 H )

Ramadhan oh ramadhan…. Sungguh begitu cepat engkau meninggalkan ku, belum maksimal Rasanya diri ini bersama dengan mu, kini engkau sudah akan meninggalkanku.
Itulah salah satu perasaan yang ada dalam benak ku, mungkin diantara teman-teman juga ada yang merasakan seperti yang ku rasakan saat ini, atau mungkin ada juga diantara teman-teman yang sangat gembira dengan kepergian Ramadhan ini, itu juga sah sah saja tidak larangan qo…. Apapun yang teman-teman rasakan itu semua adalah hak teman-teman semua dalam menyikapi nya, betul ga….?
Mungkin diantara teman-teman ada yang bertanya : “ kenapa sih mesti sedih berpisah
dengan Ramadhan…?,  Kan dengan lewat nya Ramadhan kita bisa kembali makan dan minum disiang hari, bisa merokok kembali disiang hari [maaf] bagi yang merokok “
Bukan itu masalahnya teman-teman ku, sekali lagi bukan itu….. tau ga Sih…… maka nya baca duluuuu…… baru nanya, gito biasa kata guru ku saat menjelaskan, terus ada yang motong dengan bertanya.
Ramadhan memang berlalu, tapi AMANAH/ AMANAT yang di tinggalkannya itu yang begitu berat untuk ku jaga, itu masalah nya teman-teman ku… sekarang mulai jelas ya teman-teman…….
“ Terus AMANAH nya apa…?” Eh kamu nanya lagi….. sabar dulu teman…Penasaran yaa…
Kata Ustadz “ bau mulut nya orang yang berpuasa itu laksana kasturi” kalau tidak salah begitu…[maaf]. Artinya “ wangi ”. “ wangi apaan buktinya bau jengkol,,,hee… “  eh kamu ngomong lagi…. dah dibilang nanti dulu komentar nya." Begini lho Maksudnya bahwa segala sesuatu yang keluar dari mulut kita adalah sesuatu yang wangi, artinya selama berpuasa itu kita di anjurkan untuk mengucapkan kata-kata yang bermanfaat, yang menyenangkan hati orang yang mendengar nya, dan lain sebagainya yang mengandung makna WANGI tadi. Jadi, AMANAH nya adalah BISA KAH KITA MENJAGA SEMUA ITU SETELAH RAMADHAN BERLALU. >>>Amanah pertama MENJAGA LISAN.
“Terus apa lagi amanah yang lain nya…?”
Selama bulan Ramadhan kita dianjurkan memperbanyak amalan sunat, dimana pahala dari pada amalan sunat dibulan ramadhan tersebut sebanding dengan amalan wajib diluar Ramadhan,  “ terus apa AMANAH nya….? ”
Misalnya di bulan Ramadhan kita di anjurkan banyak-banyak melakukan shalat malam, nah kaitannya dengan amanah adalah bisakah kita menjaga shalat malam tersebut, bukan hanya sekedar shalat malam tapi yang lebih penting lagi bisa kah kita menjaga QUALITAS daripada SHALAT itu sendiri ?
“Terus apalagi….? “ 
Dibulan Ramadhan kita dianjurkan memperbanyak Tadarrus Al-qur’an, masalahnya bisa kah menjaganya di luar Ramadhan ?, “ lantas apa yang kita hawatirkan dengan perginya Ramadhan……? Kan kita tinggal terapkan JAGA LISAN dan HATI KITA, SHALAT MALAM dan TADARRUS AL-QUR’AN tetap kita lakukan, Bereskan…. ? ”
Masalah Utamanya disini teman-teman…..

  •  Bukannya saya takut ga bisa JAGA LISAN dan HATI, di bulan Ramadhan saja terkadang kita lalai manjaga nya.
  • Bukannya saya tak mau shalat malam lagi, Tapi yang saya hawatirkan bisa kah kita menjalankannya sekaligus MENJAGA QUALITAS shalat itu sendiri, di bulan Ramadhan saja terkadang kita lalai menjaga QUALITAS nya
  • Bukannya saya tak mau TADARRUS AL-QUR’AN lagi, Tapi bisa kah Kita MENJADIKAN AL-QUR’AN sebagai pedoman UTAMA Hidup kita, dibulan ramadhan saja terkadang kita Keluar melencing dari Ajarannya.
Itu hanya lah sebagian dari amanah Ramadhan, selebihnya teman-teman bisa cari dan kaji sendiri dan bisa di tambahkan di komentar nanti.
Sekian dari saya semoga bermanfaat. Aamiin. Terimakasih
Salam sukses

Fahmi

Untuk Berbagi  dengan Teman-teman yang Lain nya, Silahkan Klik Icon

Tidak ada komentar: